The Selfish Gene – Edisi Ulang Tahun ke-30

Richard Dawkins dengan anggun berbicara tentang peran genetika bermain dalam evolusi, gen dan lebih banyak dalam "The Selfish Gene".

Dalam beberapa bab pertama Gen Selfish dijelaskan dengan baik. Mekanisme dan sifat DNA adalah unit-unit kecil yang membentuk gen kita yang melewati generasi kehidupan. Gen ini disebut 'Selfish Gene' dalam judul karena gen adalah unit genetik yang hanya menangani kelangsungan hidup mereka, sementara mempromosikan transmisi mereka sendiri dengan mengorbankan musuh-musuhnya.

Gen adalah 'mesin bertahan hidup' karena mereka menggunakan tubuh kita untuk menduplikasi, bukan sebaliknya. Konsep sederhana ini cukup revolusioner.

Memecah semuanya Richard membahas tugas-tugas gen, khususnya peran yang mereka mainkan dalam orang tua, keluarga, hubungan antara jenis kelamin, altruisme, keegoisan dan banyak tugas lainnya.

Penulis juga menulis tentang jenis replikator baru – Memes yang menyalin ide, musik, mode, filosofi di dunia kita.

Bab terakhir dari gen egois berkaitan dengan teori fenotip yang diperpanjang yang lagi-lagi merupakan topik yang menarik. Ahli biologi dibiarkan bingung karena konsep ini berarti bahwa reaksi kimia (dipicu oleh gen) dalam tubuh dapat mempengaruhi reaksi kimia (mengarah ke perilaku yang diinginkan) di tubuh lain. Dengan kata lain, teori tersebut menjelaskan bahwa perilaku parasit atau serangga dapat menyebabkan perubahan perilaku hewan lain.

The Selfish Gene adalah buku yang sangat indah tentang evolusi dari sudut pandang genetika. Ini bijaksana dan berwawasan sementara menjadi bacaan yang dapat dikelola, topik yang dibahas berada di ujung tombak ilmu pengetahuan, sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *